Tips Ampuh Diet Sehat Yang Wajib Kamu Tahu

TAMBANGILMU.COM - Siapa yang tidak mau mempunyai tubuh sehat dan lansing? Penampilan adalah modal utama untuk menjaga kepercayaan diri menghadapi orang yang berbeda setiap harinya. Kadang beberapa orang sampai rela menghabiskan uangnya hanya untuk penampilan. Dari yang operasi, mengkonsumsi berbagai jenis obat penurun berat badan, bahkan sampai tidak makan dengan alasan diet. Namun, apakah itu cara yang tepat? Di bawah ini adalah tips untuk diet, menjaga tubuh tetap langsing dan sehat :


Ingat Sarapan!


Sarapan pagi merupakan hal sangat penting sebagai sumber energi utama untuk menjalankan aktifitas selama 1 hari penuh. Jika Anda melewatkan sarapan, hal ini akan memicu Anda untuk makan lebih banyak dan ngemil sembarangan. Namun karena sedang diet, jadi hindari makanan berlemak tinggi. Mulai dari sarapan dengan setangkup roti gandum panggang di isi dengan dadar 1 butir telur, ditambah 1 mangkuk salad. Atau Anda bisa menggunakan menu lain seperti 100 gram nasi dengan 1 potong ikan ditambah 1 mangkuk sayur. Jika biasanya Anda sarapan pagi pada jam 09.00, sebaiknya dimulai  dari sekarang majukan sarapan Anda pukul 07.00 agar proses pembakaran energi dimulai lebih cepat.



Penuhi Nutrisi Tubuh!


Meskipun Anda sedang dalam program diet, namun Anda tetap membutuhkan lemak dan karbohidrat sebagai sumber energi bagi Anda. Tetapi lemak yang dipilih adalah lemak baik yang bisa Anda dapatkan dari alpukat, salmon, minyak zaitun dan lainnya untuk membantu proses transportasi nutrisi ke seluruh jaringan tubuh. Sedangkan untuk karbohidrat, Anda bisa mendapatkannya dari beberapa makanan ber-GI atau Glikemik Indeks rendah seperti ubi, oatmeal, gandum dan lainnya sebagai sumber energi saat Anda melalukan suatu kegiatan.


Makan Siang? Sayur, dong!


Saat makan siang, Anda bisa mencoba salad yang tetap membuat Anda tetap melakukan proses hidrasi. Sayuran yang mengandung banyak serat dapat memperlancar sistem pencernaan dan membuang racun-racun lewat kotoran. Tidak perlu makan dengan salad yang aneh-aneh, cukup dengan makan sayur, seperti sup. Tambahkan nasi dengan perbandingan 1 nasi : 4 sayur jika perlu.


Jangan Lupa Makan Malam, Ya!


Tubuh tetap membutuhkan protein saat tidur untuk memaksimalkan pertumbuhan. Hal terpenting yang wajib Anda kurangi adalah menu makanan berkarbohidrat. Anda bisa memasaknya sendiri seperti dada ayam tanpa kulitnya lalu dipanggang, merebus kentang, masak nasi merah dan tumis sayuran.


Air Putih Itu Penting, Loh!


Minumlah air putih kurang lebih 8-10 gelas setiap hari yang dapat melancarkan metabolisme tubuh dan membuat Anda merasa kenyang bertahan lebih lama.


Buah dan Sayur Jangan Sampai Dilupakan!


Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung serat tinggi untuk mengurangi resiko Anda terkena penyakit jantung koroner. Konsumsilah minimal 5 porsi buah dan sayur sehari dan variasikan jenis buah serta sayur yang Anda makan setiap hari agar tidak bosan.


Ngemilnya Tahan Dulu, dong!


Kurangi konsumsi garam, hindari camilan seperti keripik dan snack. Hindari juga minuman yang mengandung soda, alcohol, atau yang mengandung kafein yang berlebihan. 


Ayo Olahraga!


Diet dapat memberikan hasil yang bisa dibilang maksimal jika Anda mengkombinasikan dengan olahraga selama 60-90 menit, 3-4 kali seminggu. Anda bisa melakukan jogging, jalan kaki, atau bersepeda untuk membakar lemak tubuh