9 Obat Alami Sariawan Yang Wajib Kamu Tahu

TAMBANGILMU.COM - Sariawan memang penyakit yang menyebalkan. Terutama bila sariawan berada di lidah. Bukan saja sakit saat makan atau minum, rasa sakitnya akan menahan Anda untuk tidak berbicara. Banyak cara yang dapat di lakukan untuk mengurangi rasa sakitnya hingga menyembuhkannya. Dari obat-obat berbahan alami sampai obat-obat berbahan kimia.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk meringankan dan menghilangkan rasa sakit serta mengobati sariawan, diantaranya adalah sebagai berikut :


AIR KELAPA

Air kelapa dikenal denga pendinginannya sehingga dapat menenangkan sistem pencernaan. Selain baik untuk mengatasi dehidrasi, ternyata air kelapa juga baik untuk mengobati sariawan.


PISANG MADU

Anda dapat membuat pasta dari pisang dan madu. Anda dapat membuatnya dengan cara haluskan buah pisangnya bisa dengan sendok ataupun diblender. Kemudian campurkan pisang tadi dengan madu. Lalu Anda oleskan pada luka sariawan. Hal tersebut berfungsi untuk mencegah peradangan.



DAUN JAMBU BIJI

Daun jambu biji ternyata memiliki banyak manfaat, selain dapat mengobati sakit perut, juga dapat mengobati sariawan. Dengan cara mengunyah beberapa daun jambu biji lalu berkumurlah.


YOGURT

Mengkonsumsi yogurt dapat menjaga keseimbangan jumlah bakteri yang berada dimulut dan tubuh. Dengan begitu anda dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan anda. Dan anda juga telah melakukan langkah pencegahan sariawan.


MINUM VITAMIN

Minum vitamin B, vitamin C, zat besi dan asam folat yang berperan dalam mencegah dan menyembuhkan luka sariawan. Ini tujuannya untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin tersebut.


KONSUMSI BUAH-BUAHAN

Anda bisa mengkonsumsi tomat, jeruk dan buah-buahan lainnya, manfaatnya yaitu memenuhi kebutuhan vitamin C anda.


BAWANG PUTIH ATAU PEPAYA

Anda juga dapat menggunakan bawang ataupun pepaya untuk menyembuhkan sariawan, dengan cara menempelkan langsung pada bagian luka sariawan.


MINYAK KELAPA DAN MADU

Minyak kelapa bersifat anti bakteri, Anda cukup mencapurnya dengan madu untuk kemudian dioleskan pada bagian luka sariawan. Lakukanlah langkah ini setiap Anda akan tidur di malam hari.


KUNYIT

Kunyit ini memang tumbuhan super, selain dapat digunakan sebagai rempah-rempah atau bumu masak, kunyit juga biasa digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit dibagian lambung atau saluran pencernaan. Kunyit ternyata juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan, caranya buatlah pasta dari kunyit. Cuci bersih kunyit, kemudian haluskan dan campurkan kunyit dengan satu sendok teh gliserin dengan cara bisa ditumbuk atau diblender. Selanjutnya anda oleskan pada bagian luka sariawan.