Cara Menginterpretasi Peta Umum Lengkap

TAMBANGILMU.COM - Bentuk muka bumi atau yang biasa disebut sebagai relief daratan dapat diamati secara langsung di lapangan, namun dapat juga dengan melihat peta. Dari sebuah peta kita akan dengan mudah mengetahui bentuk reflief dari suatu tempat/wilayah. Dari sebuah peta kita akan melihat gunung, pegunungan, daratan rendah, sungai, danau, pantai, laut, selat, dan lain-lainnya. Jadi interpretasi peta adalah bagaimana kita memahami simbol-simbol yang ada pada peta serta hubungan dengan simbol-simbol lainnya. Peta umum adalah sebuah peta yang dibuat berdasarkan kenampakan umum. 

Oleh karena itu, Pada kesempatan ini admin tambangilmu akan membagikan tentang cara menginterpretasi peta umum yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti.



Sebelum kita menginterpretasi sebuah peta umum, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Pertama siapkan peta umum yang adakan diinterpretasi, misalkan pulau Sumatra.
  2. Perhatikan legenda agar dengan mudah memahami makna simbol-simbol yang terdapat pada peta.
  3. Perhatikan persebaran data yang ada di wilayah pulau yang akan kita interpretasikan.
  4. Perhatikan tahun pembuatan peta untuk mengetahui apakah peta yang kita gunakan masih relevan atau tidak.

Setelah melakukan beberapa langkah di atas maka akan diperoleh data-data yang diperlukan dari peta tersebut, yaitu :



SUNGAI

Sungai akan ditunjukkan dengan garis berkelok-kelok. Sungai-Sungai besar yang ada di Pulau Sumatra antara lain Sungai Simpang Kanan, Asahan, Batanghari, Musi, Kampar, dan lain-lain.


PEGUNUNGAN ATAU DATARAN TINGGI

Pegunungan dan dataran tinggi yang memanjang di sepanjang Pulau Sumatra. Pegunungan dan daratan tinggi akan ditunjukkan dengan warna merah dan juga warna kuning. Pegunungan yang terdapat di pulau Sumatra antara lain pegunungan Bukit Barisan.


DATARAN RENDAH ATAU RAWA

Dataran rendah dan rawa akan ditunjukkan dengan warna hijau dengan garis putus-putus. Dataran rendah dan rawa dapat ditemukan di sepanjang pantai timur dan barat Pulau Sumatra.


DANAU

Danau ditunjukkan dengan warna biru, yang terdapat di Pulau Sumatra adalah danau Toba, Maninjau Ranau Kerinci, dan Singkarak.


GUNUNG

Gunung akan ditunjukkan dengan bentuk segitiga. Segitiga berwarna merah artinya gunung berapi (aktif) dan segitiga hitam artinya gunung tidak berapi (tidak aktif). Gunung-gunung yang ada di Pulau Sumatra antara lain gunung Bandahara, Leuser, Sibayak, Kerinci, dan Sinabung.


KEPULAUAN

Kepulauan yang ada di Pulau Sumatra antara lain : Kepulauan Batu, Nias, dan Pini di Sumatra Utara. Kepulauan Banyak dan juga Semeulue di Nanggroe Aceh Darussalam. Kepulauan Mentawai dan Pagai di Sumatra Barat. Kepulauan Natuna dan Lingga serta Namba di Provinsi Kepulauan Riau.


LAUT DAN SELAT

Laut dan selat akan ditunjukkan dengan warna biru. Gradasi atau tingkatan warna menunjukkan kedalaman wilayah laut dan selat. Semakin pekat atau semakin tua warna biru akan menunjukkan lebih dalam dari pada warna biru muda. Selat dan laut yang ada di Pulau Sumatra antara lain sebagai berikut : Selat Sunda antara Pulau Sumatra dan Pulau Jawa. Selat Malaka antara Pulau Sumatra dan Semenanjung Malaysia. Selat Berhala antara Pulau Sumatra dan Pulau Singkep. Selat Bangka antara Pulau Sumatra dan Pulau Bangka. Laut Natuna di sebelah selatan kepulauan Natuna.