Bagian - Bagian Sel Tumbuhan dan Fungsinya Lengkap

TAMBANGILMU.COM - Sel adalah bagian terkecil dari makhluk hidup yang berfungsi sebagai pengatur dari organ-organ tubuh makhluk hidup tersebut. Tumbuhan memiliki bentuk sel yang berbeda dengan hewan dan manusia. Di dalam sel terdapat bagian-bagian yang memiliki perannya masing-masing. Oleh karena itu pada kesempatan ini admin tambangilmu akan membagikan tentang bagian-bagian sel tumbuhan dan fungsinya yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti.



BAGIAN - BAGIAN SEL TUMBUHAN

Berikut adalah gambar serta keterangan bagian-bagian dari sel tumbuhan dan fungsinya.

Gambar : Sel tumbuhan

Keterangan gambar:

1. Membran sel, bagian ini berfungsi untuk melindungi isi sel, sebagai tempat masuknya zat yang dibutuhkan sel, serta tempat keluarnya zat sisa.

2. Dinding sel, bagian ini hanya terdapat pada tumbuhan, berfungsi untuk pemberi bentuk sel serta melindungi sel, dinding sel  ini terbuat dari selulosa.

 3. Kloroplas, bagian ini hanya terdapat pada tumbuhan, berfungsi sebagai tempat klorofil untuk proses fotosintesis.

4. Ribosom, bagian ini memiliki peran penting dalam pembentukan atau sintesis protein sel.

5. Sitoplasma, bagian ini berbentuk gel sebagai tempat untuk organel sel serta sebagai tempat berlangsungnya aktivitas sel.

6. Mitokondria, bagian ini berfungsi sebagai alat pernapasan untuk memperoleh energi bagi tumbuhan.

7. Membran inti, bagian ini yang berperan melindungi inti sel serta sebagai jalan masuknya zat yang dibutuhkan inti sel, dan juga sebagai tempat keluarnya zat sisa dari inti sel.

8. Inti sel atau nukleus, bagian ini berperan sebagai pusat pengaturan serta pengontrolan semua kegiatan sel.

9. Vakuola,  pada tumbuhan besar bagian ini berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan serta zat kimia lainnya.

10. Retikulum endoplasma, bagian ini berfungsi untuk menyalurkan ribosom ke inti sel serta sebagai tempat pembentukan lemak