Pemasalahan Pemberdayaan UKM di Indonesia


TAMBANGILMU.COM - Saat perekonomian nasional diterpa dengan naiknya nilai tukar mata uang asing, membeli produk lokal diakui pemerintah menjadi salah satu solusi. Oleh sebab itu, pemberdayaan UKM di Indonesia menjadi hal yang sangat penting untuk membantu menjaga stabilitas ekonomi nasional. Pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan membagikan tentang permasalahan pemberdayaan UKM di Indonesia yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah dimengerti.



PERAN UKM

Keberadaan dan peran UKM terbukti menunjang kegiatan ekonomi nasional, terutama untuk mengatasi persoalan kemiskinan, pengangguran, dan kesenjangan antar sektor, sangat penting dan strategis. Penguatan terhadap ekonomi skala kecil dan menengah ini menjadi prioritas menuju terciptanya fundamental ekonomi yang kokoh.

Namun harus diakui, dalam melaksanakan peran dan merealisasikan potensi yang besar tersebut, pemberdayaan UKM di Indonesia masih menghadapi banyak permasalahan baik secara internal maupun ekternal.


MASALAH POKOK UKM

Beberapa permasalahan pokok yang dihadapi antara lain:
  • Rendahnya produktivitas. Hal ini disebabkan oleh rendahnya kualitas sumber daya manusia khususnya dalam bidang manajemen, organisasi, penguasaan teknologi, dan pemasaran. 
  • Keterbatasan akses permodalan. Modal merupakan salah satu hal yang cukup mempersulit UKM untuk meningkatkan kapasitas usaha ataupun mengembangkan produk-produk yang bersaing. Meskipun pemerintah dan pihak swasta telah berusaha memberikan solusi melalui kebijakan berbagai skema kredit murah dan mudah, namun ternyata masih banyak UKM yang belum terjangkau.
  • Penguasaan teknologi, manajemen, informasi dan pasar yang relatif masih jauh dari memadai. Oleh karena itu, pemerintah dan pihak swasta banyak menggalakkan pemberdayaan UKM di Indonesia sebagai salah satu program mereka untuk membantu perekonomian nasional.

Meski masih menghadapi sejumlah permasalahan, namun UKM di Indonesia selama bertahun-tahun terbukti telah berjasa besar bagi perekonomian nasional. Untuk itu, yuk kita dukung pemberdayaan UKM di Indonesia untuk ekonomi Indonesia yang lebih baik lagi!


Demikian penjelasan tentang Permasalahan Pemberdayaan UKM di Indonesia. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat.


Baca Juga

  • Bahaya ! Ancaman Yang Terdapat di e-Commerce
  • 6 Tips dan Trik Yang Harus Kamu Ketahui Dalam Kehidupa Sehari-hari
  • Dampak Negatif Dari Pencemaran Lingkungan Bagi Manusia
  • 9 Obat Alami Sariawan Yang Wajib Kamu Tahu
  • Tips Ampuh Diet Sehat Yang Wajib Kamu Tahu
  • 5 Penyebab Sariawan Yang Wajib Kamu Tahu
  •