Fungsi dan Struktur Enzim Lengkap

TAMBANGILMU.COM - Mungkin Anda tidak akan sadar akan hal ini tetapi sistem pencernaan Kita seperti sebuah laboratorium kimia besar. Ada ratusan reaksi yang terjadi dalam setiap tubuh Kita untuk menyerap nutrisi dari berbagai makanan Kita. Dan katalis untuk semua reaksi ini adalah enzim. Mereka memiliki fungsi lain untuk tubuh Anda juga. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin tambangilmu Fungsi dan Sturktur Enzim secara Lengkap, yang bisa dan pahami.



Enzim

Enzim digambarkan sebagai katalis biologis. Seperti katalis lainnya yang memungkinkan reaksi kimia, mereka akan melakukan hal yang sama terhadap tubuh Anda. Dalam banyaknya reaksi ini, energi yang harus disediakan, biasanya adalah dalam bentuk panas. Enzim sebenarnya dapat mengurangi energi aktivasi yang dibutuhkan oleh Kita dan meningkatkan kecepatan reaksi biologis dalam tubuh manusia. Tetapi dalam proses / reaksi ini, manusia tidak akan mengalami perubahan apapun. Karenanya inilah alasan kenapa mereka dapat didaur ulang dan dibutuhkan untuk dosis yang sangat kecil.


Struktur Enzim

Enzim adalah suatu perubahan bentuk protein. Sejauh ini strukturnya berbentuk bundar, bentuknya silindris. Rantai polipeptida mereka memiliki formasi seperti kumparan.

Urutan asam amino menentukan tidak hanya menentukan struktur enzim tetapi juga menentukan fungsinya. Struktur khas suatu enzim dapat menentukan aktivitas katalitiknya. Dalam konfigurasi tertentu (atau urutan) pada bagian tertentu dari struktur, yang dikenal sebagai situs aktif dapat diakses untuk menarik dan mengkatalisasi reaktan.

Substrat mengikat dirinya untuk ke situs aktif enzim. Jadi ini adalah sebuah teori kunci dan gembok. Jadi hanya enzim yang benar yang dapat bereaksi pada substrat yang benar, sama seperti hanya kunci sempurna yang bisa membuka gembok tersebut. Meskipun di zaman modern kita percaya bahwa substrat dapat mengubah ikatannya agar sesuai dengan situs yang aktif, ini dikenal sebagai induced fit.

Setelah katalis substrat, kita dibiarkan dengan apa yang kita sebut produk. Penting perlu untuk kita catat bahwa seluruh proses selama ini adalah struktur molekul enzim tidak mengalami perubahan permanen. Itu membuat strukturnya menjadi berlaku dan dapat melakukan fungsinya lagi.

Sama halnya seperti protein, enzim juga dapat didenaturasi. Hal ini akan terjadi ketika strukturnya mengalami perubahan karena beberapa di setiap kekuatan atau tekanan eksternal.  Pada umumnya, panas dapat menyebabkan mereka mengalami denaturasi dan kehilangan kemampuan mengkatalisasi mereka. 



Klasifikasi Enzim

Klasifikasi enzim berdasarkan reaksi yang dikatalisasi. Klasifikasi adalah sebagai berikut


  • Oksidoreduktase: Katalis reaksi reduksi oksidasi
  • ransferases: Ini jelas mengkatalisasi reaksi transfer gugus
  • Hidrolase: Reaksi hidrolisis dikatalisis olehnya
  • Liase: salah satu enzim yang kurang dikenal
  • Isomerases: Ini mengubah bentuk molekul setelah mengkatalisis perubahan strukturalnya
  • Ligase: Dan ini mengkatalisasi proses ligasi
Demikian penjelasan tentang Fungsi dan Sturktur Enzim LengkapSemoga artikel di atas bermanfaat.
Baca Juga