Contoh Gaya dan Percepatan Lengkap

TAMBANGILMU.COM - Perubahan cepat yang dialami selama pergerakan disebut dengan percepatan. Percepatan adalah terjadinya sebuah benda yang mengalami gaya yang tidak seimbang atau tidak beraturan. Semakin besar gaya total bekerja pada sebuah benda tersebut maka semakin besar juga percepatan, tetapi massa sebuah benda juga bisa mempengaruhi percepatan. Semakin kecil massanya, semakin besar percepatan gaya yang akan diberikan. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan membagikan tentang Contoh Gaya dan Percepatan Lengkap yang bisa kalian pahami secara lengkap.


Hukum kedua Newton tentang merangkum gerak hubungan ini. Menurut hukum ini, percepatan pada suatu benda sama hal nya dengan gaya total dibagi dengan massa. Hal ini dapat diwakili oleh persamaan: 

Menghitung Percepatan 

Persamaan percepatan dapat digunakan untuk menghitung percepatan sebuah benda yang mengalami gaya total sebesar F. Misalnya, Lisa memiliki massa total 50 kilogram. Asumsikan bahwa gaya total yang bekerja pada Lisa dan sebesar 25 Newton. Berapa percepatan nya? Ganti nilai yang relevan ke dalam persamaan untuk percepatan diatas sehingga diperoleh:

a = F/m = 25 N/50 kg = 0,5 N/Kg

Newton adalah satuan SI untuk gaya. Hal ini didefinisikan sebagai gaya yang dibutuhkan untuk menyebabkan massa 1 kilogram akan mengalami percepatan sebesar 1 m / s2. Oleh karena itu, gaya juga dapat dinyatakan sebagai satuan kg • m / s2. Dengan menggunakan satuan ini besar percepatan yang diperoleh dari perhitungan diatas bisa ditulis dengan menggunakan satuan percepatan yaitu m / s2 sehingga:

a = 0,5 N/Kg = 0,5 kg⋅m / s2kg = 0,5 m / s2

Menghitung Gaya 

Ini lebih mudah untuk mengukur percepatan dan massa benda dari gaya total yang bekerja padanya. Massa dapat diukur dengan neraca, dan percepatan rata-rata dapat dihitung dari kecepatan dan waktu. Namun, total gaya mungkin merupakan kombinasi anatara kekuatan gaib, seperti gravitasi, gesekan dengan permukaan, dan hambatan udara. Oleh karena itu, mungkin lebih berguna untuk mengetahui bagaimana menghitung gaya total yang bekerja pada sebuah benda daripada massa dan percepatan. Persamaan untuk percepatan diatas dapat ditulis ulang untuk memecahkan gaya total sebagai berikut:

Gaya = Massa × Percepatan, atau F = m × a 

Sebagai contoh, asumsikan Lisa bergerak dengan percepatan sebesar 0,8 m / s2. Berapa banyak gaya yang dibutuhkan baginya untuk mempercepat pada tingkat ini? Ganti nilai yang relevan ke dalam persamaan untuk gaya diatas sehingga diperoleh:

F = m × a = 50 kg × 0,8 m / s2 = 40 kg • m / s2, atau 40 N 

Menurut hukum kedua Newton tentang gerak, percepatan suatu benda sama dengan gaya bersih dibagi dengan massa, atau a = F/m. Persamaan ini untuk percepatan dapat digunakan untuk menghitung percepatan suatu benda ketika massa dan gaya total yang bekerja padanya diketahui. Persamaan untuk percepatan dapat ditulis ulang menjadi  F = m × a, untuk menghitung gaya total yang bekerja pada sebuah benda ketika massa dan percepatan diketahui.


Demikian penjelasan tentang Contoh Gaya dan Percepatan Lengkap. Semoga artikel di atas bermanfaat.