Penjelasan tentang Pengertian Biosfer Lengkap

TAMBANGILMU.COM - Dalam pengertian luasnya geofisiologi, biosfer adalah sistem ekologis global yang bisa menyatukan seluruh makhluk hidup dan hubungan antarmereka, termasuk interaksinya dengan unsur litosfer (batuan), hidrosfer (air), dan atmosfer (udara) Bumi. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan membagikan tentang Contoh dan Pengertian Biosfer Lengkap yang bisa kalian pahami secara lengkap.



PENGERTIAN BIOSFER

Ditinjau dari epistemologinya, istilah biosfer  itu sendiri terdiri atas dua kata, yakni bios yang berarti hidup dan sphere yang berarti lapisan. Jadi, secara harfiah biosfer adalah lapisan hidup, artinya lapisan tempat makhluk hidup atau organisme.
Biosfer juga termasuk lapisan lingkungan yang berada di permukaan bumi, air, dan atmosfer yang mendukung kehidupan organisme. Jadi biosfer adalah merupakan ruang hidup bagi mahkluk bumi seperti tumbuhan, hewan, dan manusia. Biosfer yang meliputi tanah, air, dan udara merupakan lapisan tipis, sekitar 8 km ke arah atmosfer dan 9 km ke arah kedalaman laut. Sejauh ini yang diketahui manusia, hanyalah sebuah pada lapisan biosfer inilah dijumpai adanya kehidupan organisme. Persebaran makhluk hidup di permukaan bumi tidak merata. Persebaran itu tergantung pada beberapa faktor seperti berikut.

  1. Perbedaan iklim (klimatik), suhu, angin, curah hujan, dan kelembapan.
  2. Keadaan tanah (edafik), ukuran butir tanah kandungan udara, dan air tanah.
  3. Tinggi dan rendahnya permukaan pada bumi (relief), bisa mempengaruhi pola penyinaran matahari yang (disebut juga faktor fisiografi).
  4. Tindakan manusia (faktor biotik) bisa mengubah bentangan alam yang sudah ada. Misalnya tanah tandus menjadi daerah hutan, hutan menjadi daerah pertanian, dan dengan kemajuan teknologi modern manusia juga mampu melestarikan kehidupan flora dan fauna.
Jenis - jenis flora yang berada di daerah tropis, banyak sekali jenisnya, seperti yang diutarakan oleh Van Steenis. Di sini banyak sekali hidup tumbuhan tropis yang digolongkan hutan tropis ialah merupakan hutan belantara. Yang sangat terkenal ialah hutan belantara Amazone di Brasil dan hutan belantara kita di negeri Indonesia ini.

Karena kawasan hutan kita termasuk hutan yang lindungi oleh pemerintah yang menjadi paru-paru dunia. Kawasan hutan kita oleh PBB dijadikan Pusat Penelitian Kehutanan Internasional atau Central of International Forestry Research (CIFOR), yaitu berkawasan hutan tropis yang berada di Kalimantan dan Sulawesi.

Jenis - jenis flora di daerah sedang, antara lain tumbuh-tumbuhan mediteran (Laut Tengah) di belahan bumi bagian utara dan selatan. Tumbuhan yang paling terkenal adalah Apel. Jenis flora di daerah yang memiliki suhu dingin ialah daerah taiga dengan tumbuhan berdaun jarum dan daerah tundra atau padang lumut.

Jenis - jenis flora tropis yang sebenarnya dapat digolongkan sebagai flora tropis humide (basah) seperti yang sudah diterangkan tersebut di atas dan flora tropis aride (kering) seperti hal nya di daerah gurun, sabana, dan stepa. Jenis flora di daerah gurun tidak memiliki banyak macam.

Di daerah oasis atau wahak yang menonjol ialah sejenis kaktus dan kurma. Di daerah sabana (campo atau pampa di Amerika) adalah sejenis semak-semak saja. Di daerah stepa terdapat tumbuhan padang rumput yang kering. Di daerah sabana dan stepa sangat baik dan bagus untuk membudidayakan peternakan seperti sapi dan biri-biri.


Demikian penjelasan tentang Penjelasan tentang Pengertian Biosfer Lengkap. Semoga artikel di atas bermanfaat.


Baca Juga