Pengertian Proses Daur Ulang dan Contohnya Lengkap

TAMBANGILMU.COM - Mempunyai pengertian sebagai proses bahan bekas atau barang sudah tidak dipakai/sampah menjadi menjadi bahan atau barang baru yang dapat digunakan kembali untuk dipakai. Dengan proses daur ulang ini, sampah atau barang bekas dapat menjadi sesuatu barang yang sangat berguna sehingga bermanfaat sekali untuk mengurangi penggunaan bahan baku yang baru. Manfaat lainnya juga adalah mengurangi polusi, menghemat energi, mengurangi kerusakan lahan dan emisi gas rumah kaca dari pada pada proses pembuatan barang baru. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan membagikan tentang Pengertian Proses Daur Ulang dan Contohnya Lengkap, yang bisa dan pahami.


Daur ulang adalah merupakan bagian ketiga adalam proses hierarki sampah 3R (Reuse, Reduce, and Recycle) dan dapat dilakukan pada sampah yang berbahan plastik, kaca, logam, kertas, tekstil, maupun barang elektronik.

Daur ulang merupakan sesuatu yang sangat luar biasa yang bisa didapatkan dari sampah - sampah. Sebagai contoh saja, pemrosesan daur ulang pada alumunium diyakini mampu menghemat energi hingga 95 persen dan dapat mengurangi polusi udara hingga lebih dari 90 persen dibandingkan proses pembuatan alumunium dari bahan mentah (bijih tambang).

Tahapan atau Proses Daur Ulang. Berikut ini adalah merupakan tahap-tahap dari kegiatan daur ulang yang bisa kalian lakukan :

  • Mengumpulkan : yakni mencari barang-barang yang telah di buang atau yang telah menjadi sampah seperti botol air mineral, kardus atau dus dus susu, kertas dan lain-lainya.
  • Memilah : yakni mengelompokkan jenis sampah yang telah dikumpulkan berdasarkan jenisnya, seperti plastik, kertas, dan kaca.
  • Menggunakan Kembali : Setelah dipilah, carilah barang yang setidaknya masih layak digunakan kembali secara langsung. Bersihkan terlebih dahulu sebelum digunakan.
  • Mengirim : Kirim sampah yang telah dipilah tadi ke tempat daur ulang sampah, atau menunggu pengumpul barang bekas keliling yang akan dengan senang hati membeli barang tersebut.
  • Lakukan Daur Ulang Sendiri : Jika anda mempunyai waktu dan ketrampilan kenapa tidak untuk melakukan proses daur ulang sendiri. Maka dengan mendaur ulang oleh kita sendiri dapat disulap menjadi barang yang sangat bagus dan bermanfaat atau juga bisa di jual.
Yang paling penting, semua orang dapat berpartisipasi dalam proses daur ulang. Paling tidak pada dua tahap (proses) awal daur ulang yakni mengumpulkan dan memilah sampah yang dapat dilakukan setiap saat. Jadi, tunggu apa lagi?.


Demikian penjelasan tentang Pengertian Proses Daur Ulang dan Contohnya Lengkap. Semoga artikel di atas bermanfaat.

Baca Juga