Pengertian Getaran dan Gelombang Lengkap

TAMBANGILMU.COM - Getar atau getaran adalah suatu gerakan yang bolak balik di sekitar area keseimbangan. Maksud dari keseimbangan disini adalah dimana keadaan suatu benda berada dalam posisi diam tidak ada gaya yang bekerja pada benda tersebut. Getaran mempunyai amplitudo (jarak simpangan terjauh dengan titik tengah) yang sama. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan membagikan tentang Pengertian Getaran dan Gelombang Lengkap yang bisa kalian pahami.




Jenis Getaran 

1. Getaran Bebas

Getaran Bebas akan terjadi jika sistem mekanis dimulai dengan gaya awal, lalu dibiarkan bergetar secara bebas. Contoh dari getaran seperti ini adalah memukul garpu tala dan membiarkannya bergetar, atau bandul yang ditarik dalam keadaan seimbang lalu dilepaskan.

2. Getaran Paksa

Getaran Paksa terjadi jika gaya bolak balik atau gerakan diterapkan pada sistem mekanis. Contoh dari getaran paksa adalah getaran gedung dan bangunan lainnya pada saat gempa bumi.

Analisis Getaran

Dasar analisis getaran dapat dipelajari dengan mempelajaru model sederhana massa, pegas, dan peredam kejut. Pada struktur rumit seperti bada pada mobil dapat dimodelkan sebagai "jumlahan" model massa pegas peredam kejut tersebut. Model ini adalah contoh osilator harmonik sederhana.


  • Getaran Bebas tanpa Peredam 
Model massa-pegas sederhana

Model paling sederhana redaman dapat dianggap diabaikan, dan tidak ada gaya luar yang dapat mempengaruhi massa (getaran bebeas).

Dalam gaya ini yang berlaku pada pegas Fs sebanding dengan panjang peregangan x, sesuai dengan hukum Hooke, atau bila dirumuskan secara matematis :

dengan k adalah tetapan pegas.

  • Getaran Bebas dengan Redaman
Jika peredaman diperhitungkan, maka gaya peredam juga akan berlaku pada massa selain gaya uang disebabkan oleh perengangan pegas. Bila benda bergerak dalam fluida makan akan mendapatkan peredam karena kekntalan fluida. Gaya akibat kekentalan ini sebanding dengan kecepatan benda. Konstanta akibat kekentalan (viskositas) c ini dinamakan koefisien peredam satuan N s/m (SI).

Gelombang adalah getaran yang merambat.

Gelombang mekanik adalah gelombang yang membutuhkan medium untuk berpindah tempat. Gelombang Tali, Gelombang Bunyi atau Gelombang laut merupakan gelombang mekanik. Kita juga dapat menyaksikan gulungan gelombang laut karena gelombang menggunakan laut sebagai media perantara. Dan kita juga bisa mendengarkan musik melalui media suara atau gelombang bunyi merambat melalui udara hingga ke telinga kita.Tanpa udara kita tidak akan bisa mendengarkan suara atau gelombang bunyi. Dalam hal ini udara berperan penting sebagai medium perambatan bagi gelombang bunyi.

Gelombang mekanik juga terdiri daru dua jenis yaitu : Gelombang Transversal (Transverse Wave) dan Gelombang Longitudinal (Longitudinal Wave)

Gelombang Tranversal merupakan suatu gelombang yang dapat dikelompokan menjadi gelombang transversal jika partikel-partikel mediumnnya tersebut bergetar ke atas dan ke bawah dalam arah tegak lurus terhadap gelombang. Contoh dari gelombang transversal adalah gelombang tali.

Gelombang Longitudinal merupakan gelombang yang memiliki arah getaran medium sejajar dengan arah rambat gelombang. Jika dirimu bingung dengan penjesalan ini, bayangkanlah getaran sebuah pegas.

Gelombang Mekanik Timbul :

  • Perlu Usikan Sebagai Sumber
  • Perlu Medium yang dapat Diusik
  • Perlu adanya Mekanisme Penjalaran Musik
Karakter Fisik yang menjadi ciri Gelombang : 
  • Panjang Gelombang (l)
  • Frekwensi (f)
  • Cepatrambat Gelombang (v)
Panjang Gelombang : Jarak minimum antara dua titik pada gelombang yang berprilaku dentik.

Frekuensi Gelombang : Jumlah pengulangan usikan peraturan waktu.

Cepat Rambat Gelombang : Jaran penjalaran usikan yang di tempuh dalam satuan waktu.

Contoh dari gelombang mekanik adalah gelombang suara, gempa bumi, dan gelombang pada dawai.

Gelombang Eletromagnetik

Gelombang Elektromagnetik tidak membutuhkan medium. Contoh dari gelombang elektromagnetik adalah Cahaya, Sinar X, dan Gelombang Radio.