Pengertian Tentang Listrik Statis Lengkap

 TAMBANGILMU.COM - Listrik Statis merupakan suatu muatan kumpulan listrik dalam jumlah tertentu yang tidak dapat mengalir dan tetap (statis), akan tetapi jika terjadi pengosongan terhadap muatan akan memakan waktu yang lumayan singkat. Atau definisi listrik statis yang lainnya adalah fenomena kelistrikan yang dimana listriknya tidak akan bergerak biasanya terdapat pada benda-benda yang bermuatan listrik. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin tambangilmu akan membagikan Pengertian Tentang Listrik Statis Lengkap yang bisa kalian pahami.

 


Listrik Statis akan terjadi apabila benda-benda yang memiliki aliran listrik saling berpautan tanpa adanya sumber tanpa sumber daya listrik artinya benda tersebut dapat menghasilkan Proton dan Elektron tanpa menggunakan elemen pembangkit energi listrik. Listrik statis juga dapat dihasilkan oleh dua benda yang bermuatan listrik yang berbeda.

Muatan listrik pada benda tersebut akan timbul karena adannya perpindahan elektron dari satu benda ke benda lainnya. Terdapat 2 muatan listrik yakni adalah Muatan Positif dan Muatan Negatif. Apabila jumlah proton yang dihasilkan lebih banyak daripada elektron maka benda tersebut bermuatan Positif. Jika muatan elektron lebih banyak daripada proton maka benda tersebut bermuatan Negatif. Sedangkan jika jumlah proton dan elektron sama artinya benda tersebut tidak memiliki muatan atau netral. Elektron merupakan muatan dasar yang menentukan sifat listrik suatu benda.

 

Proton adalah partikel subatomik penyusun atom yang bermuatan positif. Sedangkan elektron adalah partikel subatomik penyusun atom yang bermuatan negatif. Selain proton dan elektron, terdapat satu lagi penyusun atom yaitu neutron, dimana neutron ini tidak memiliki muatan (netral).

Benda yang memiliki muatan yang sama akan saling tolak-menolak jika didekatkan satu sama lain, dan sebaliknya jika benda yang memiliki muatan berbeda akan saling tarik-menarik. Tolak-menolak dan tarik-menarik pada dua benda yang memiliki muatan listrik adalah bentuk dari gaya listrik atau juga dikenal sebagai gaya Coloumb.

Pada suatu muatan listrik ternyata memiliki medan listrik. Medan listrik adalah sekitaran benda yang memiliki muatan listrik yang mengalami gaya listrik. Bisa dibilngan medan listrik adalah suatu daerah dimana gaya listrik masih bekerja. Medanl listrik juga merupakan efek yang dapat ditimbulkan oleh muatan listrik dalam suatu benda.

Arah medan Listrik dari sebuah benda yang bermuatan listrik :

 

 A) Muatan Positif mempunyai garis gaya listrik menjauhi (keluar) dari muatan tersebut.

 B) Muatan Negatif mempunyai garis gaya listrik mendekati (masuk) ke muatan tersebut.

 

Rumus Listrik Statis 

Berikut adalah beberapa rumus dan persamaan yang berkaitan dengan listrik statis, yaitu gaya Coloumb potensial Listrik Kuat, Kuat Medan Listrik, Energi Potensial. 

 

Contoh Listrik Statis 

 Berikut adalah contoh beberapa Listrik Statis yang biasa kita temui setiap hari

  1. Petir akan terjadi karena perbedaan potensial antara awan dan bumi yang cukup besar, maka akan terjadi perpindahan muatan listrik negatif (elektron).
  2. Apabila penggaris plastik yang digosok-gosokan pada rambut kita, dan didekatkan pada sobekan kertas kecil maka kertas tersebut akan ditarik oleh penggaris
  3. Saat kita menyisir rambut, terkadang rambut kita juga akan terbawa sendiri oleh sisir seiring dengan gerakan sisir. Hal ini disebabkan oleh adanya muatan antara sisir dengan rambut kita.
  4. Batang kaca yang digosok-gosok pada kain sutra, akan saling bereaksi dan saling tarik menarik. Ini terjadi karena telah terjadi loncatan elektron pada batang kaca tersebut ke kain sutra sehingga mengakibatkan batang kaca tersebut bermuatan positif dan kain sutera bermuatan negatif
  5. Balon yang digosok-gosok dengan kain wool dapat mengakibatkan elektron pada kain wool tersebut akan berpindah pada balon, sehingga balon bermuatan negatif dan wool bermuatan positif. 
  6. Penggaris plastik yang digosok-gosokan pada kain wool, akan terjadi loncatan elektron yang berasal dari kain wool tersebut dan akan pindah ke penggaris plastik sehingga penggaris plastik akan menjadi bermuatan negatif sedangkan kain wool akan bermuatan positif
  7. Berdirinya rambut atau bulu pada tangan ketika didekatkan pada kayar TV yang baru dimatikan.
 
 Penerapan / Pemanfaatan Listrik Statis 
 
 Beberapa penerapan atau pemanfaatan adanya listrik statis dalam kehidupan manusia anatara lain :
 
  •  Alat Penggumpal Asap untuk Mengurangi Polusi
 
 
Seorang kimiawan asal Ameria pada tahun 1906, Fredrick Gardner Cottel, telah berhasil menemukan sebuat alat yang berfungsi untuk menggumpalkan asal yang keluar dari cerobong pabrik sehingga dapat menekan polusi udara. Alat ini sederhana dan berkerja berdasarkan gaya Coulomb dan induksi muatan. Caranya adalah dengan cara memasang kedua logam yang mempunyai muatan besar tapi berlawanan tanda pada verobong asap pabrik. Partikel asap akan melewati dan terinduksi sehingga memiliki muatan induksi. Muatan yang dihasilkan akan memiliki muatan positif dan ada juga yang negatif. Partikel asap tersebut akan ditarik sehingga akan membentuk partikel yang lebih besar dan berat. Bertambahnya berat partikel akan mengakibatkan partikel tidak bisa ikut mengalir ke atas bersama asap. Partikel itu akan jatuh di dasar cerobong.
 
  • Mesin Fotokopi 

   Mesin fotokopi memiliki bagian utama yang berupa pelat foto konduktif. Pelat ini tidak akan bisa mengatarkan listrik pada suatu ruangan yang gelap. Pelat konduktif ini akan bekerja menghantarkan listrik apabila dikenai cahaya. Pelat foto konduktif mul mula akan diinduksi dengan menggerakan pada kawat yang bermuatan listrik negatif di sepanjang permukaannya. Permukaan foto pelat tersebut dengan begitu akan terbentuk muatan induksi yang bermuatan positif. Ketika kertas akan difotokopi dan disinari, pantulan cahaya tersebut akan mengenai pelat foto konduktif yang telah mengandung muatan induksi. Akibatnya akan terbentuk muatan listrik persis seperti pada kertas yang telah di foto kopi. Kemudian, tinta yang telah bermuatan negatif akan disemprotkan pada pelat. Selanjutnya, tinta it dipindahkan ke kertas lain untuk membuat fotokopinya. Kertas ini dipasangkan agar tinta menempel kuat.

Demikian Penjelasan Pengertian tentang Listrik Statis Lengkap semoga artikel diatas beramnfaat

Baca Juga :