Pengertian Jenis Tegangan Listrik Lengkap

TAMBANGILMU.COM - Pengertian Jenis Tegangan Listrik Lengkap - Tegangan listrik merupakan jumlah energi yang dibutuhkan oleh suatu benda untuk memindahkan unit muatan listrik dari suatu tempat ke tempat lain.

Tegangan pada listrik juga dapat dinyatakan dengan satuan Volt hal ini sering juga disebut dengan beda potensial dikarenakan pada dasarnya tegangan listrik merupakan perbedaan potensial antara dua titik dalam rangkaian listrik tersebut.

Suatu benda dapat dikatakan memiliki jumlah potensial listrik yang lebih tinggi dari pada benda lainnya dikarenakan benda tersebut memiliki muatan positif lebih banyak dibanding dengan jumlah muatan positif pada benda lainnya.

Sedangkan benda yang dimaksud dengan potensial listrik merupakan banyaknya muatan yang terdapat pada benda tersebut. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin tambang ilmu akan membagikan Pengertian Jenis Tegangan Listrik Lengkap yang bisa kalian pahami.

Pengertian Jenis Tegangan Listrik Lengkap

Pengertian Tegangan Listrik

Tegangan listrik juga dianggap sebagai gaya dorong untuk perpindahan elektron melalui konduktor jika semakin tinggi tegangannya maka akan semakin besar tenaga untuk mendorong elektron tersebut melalui rangkaianya yang telah tersedia.

Muatan listrik dapat dianalogikan sebagai air yang berada pada tangki air, sedangkan pada tegangan listrik adalah sebagai tekanan air pada tangki air, maka semakin besar air yang dikeluarkan pada keran maka akan semakin besar pula tekanan air pada tangki tersebut hal ini dikarenakan banyak energi yang telah dilepaskan.

Demikian juga pada tegangan listrik, semakin tinggi maka listrik tersebut akan semakin besar energi potensialnya, karena semakin banyak elektron yang dikeluarkan.

Apabila dua distribusi muatan listrik dipisahkan dengan jarak yang tertentu, maka kekuatan listrik diantara keduanya akan terjadi.

Jika kedua distribusi memiliki muatan yang sama (dua-duanya positif atau negatif) maka akan saling tolak menolak atau saling berlawanan.

Apabila jika kedua distribusi tersebut memiliki muatan yang berbeda (satu positif dan satu negatif) maka keduanya akan menyebabkan gaya saling tarik-menarik.

Jika saat kedua distribusi muatan tersebut disambungkan pada beban atau rangkaian unit positifnya sedikit maka unit positif bakal dipengaruhi dengan kedua distribusi muatan tersebut.

Sumber tegangan listrik konstan biasanya disebut dengan DC (tegangan searah) sedangkan pada sumber tegangan listrik bervariasi yang secara berkala biasanya disebut dengan AC (tegangan arus bolak balik).

Tegangan pada listrik yang diukur menggunakan satuan Volt yang biasanya disimbolkan dengan huruf “V”. 1 Volt biasanya dapat didefinisikan sebagai tekanan listrik yang dibutuhkan untuk dapat menggerakan 1 Ampere arus listrik melalui konduktor yang beresistansi 1 Ohm.

Kata dari “VOLT” ini diambil dari nama seorang fisikawan asal italia yang pernah menemukan baterai volta (Voltaic Pile) yakni adalah Alessandro Volta.

Baterai dan Power Supply (pencatu daya) adalah contoh dari sumber yang telah menghasilkan tegangan DC atau tegangan searah yang stabil contoh seperti DC 1,5V, 3V, 5V, 9V, 12V dan 24V.

Sementara itu tegangan pada AC hanya tersedia untuk keperluan peralatan industri dan rumah tangga saja. Standar tegangan AC yang digunakan di Indonesia adalah 220V, sedangkan standar pada negara-negara lain adalah 100V, 110V dan 240V.

Simbol Tegangan Listrik DC dan AC

Pada umumnya rangkaian-rangkaian elektronik dapat beroperasi dengan menggunakan tegangan DC rendah seperti 1,5V sampai 24V DC.

Simbol tegangan DC pada rangkaian-rangkaian elektronik biasanya merupakan simbol baterai bertanda positif (+) dan negatif (-) hal ini menunjukan arah polaritas nya.

Sedangkan simbol pada tegangan AC adalah rangkaian listrik atau elektronik dan sebuah lingkaran bulat dengan gelombang Sinus di dalamnya.

Berikut merupakan simbol tegangan DC dan AC.

 

Simbol Tegangan DC dan AC

Gambar : Simbol Tegangan DC dan AC

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian Jenis Tegangan Listrik Lengkap semoga artikel di atas bermanfaat.