Pengertian Otot Biseps dan Triseps Ciri - Ciri Serta Cara Kerjanya

Pengertian Otot Biseps dan Triseps Ciri - Ciri Serta Cara Kerjanya - Penjelasan tentang definisi bisep dan trisep, karakteristiknya, cara kerjanya, dan teknik untuk melatihnya. Berat badan kita dipengaruhi oleh 40-50% otot kita. 

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini ilmusekitar.com akan mebagikan tentang Pengertian Otot Biseps dan Triseps Ciri - Ciri Serta Cara Kerjanya yang bisa kalian pahami.

Laki-laki berpose berotot dengan gambar otot besar di belakangnya memakai kemeja biru muda
Image by cookie_studio on Freepik

Apa Sebenarnya Otot Itu?

Otot adalah kumpulan sel otot yang menyusun jaringan. Ini memungkinkan otot untuk menggerakkan tulang. Jaringan otot juga disebut gerakan aktif dalam sistem gerak manusia. Otot memiliki fungsi menstabilkan persendian dalam. 

Selain itu, otot akan membantu menopang dan menjaga postur tubuh kita. Inilah yang membuat tubuh kita tegak. Otot juga berperan penting dalam metabolisme tubuh manusia, sehingga tubuh kita dapat menjaga kestabilan suhu.

Otot rangka memainkan peran yang sangat penting dalam menentukan kekuatan secara keseluruhan. Otot juga merupakan bagian dari tubuh dan dapat melakukan berbagai tugas fisik lainnya. Karenanya, otot juga berperan penting dalam membantu kesehatan tubuh. 

Otot manusia memiliki karakteristik yang disebut kelenturan, kelenturan dan elastisitas. Controllability mengacu pada kemampuan otot yang bekerja untuk berkontraksi atau memendek. Ekstensibilitas adalah kemampuan untuk mengendurkan atau memperpanjang otot saat bekerja. 

Elastisitas Otot


Pada saat yang sama, elastisitas adalah kemampuan untuk membuat otot bekerja mengembalikan bentuk aslinya atau semula. 

Otot rangka memainkan peran yang sangat penting dalam menentukan kekuatan secara keseluruhan. Otot juga merupakan bagian dari tubuh dan dapat melakukan berbagai tugas fisik lainnya. Karenanya, otot juga berperan penting dalam membantu kesehatan tubuh. 

Otot manusia memiliki karakteristik yang disebut kelenturan, kelenturan dan elastisitas. Controllability mengacu pada kemampuan otot yang bekerja untuk berkontraksi atau memendek. Ekstensibilitas adalah kemampuan untuk mengendurkan atau memperpanjang otot saat bekerja. Elastisitas adalah kemampuan membuat otot bekerja untuk mengembalikan bentuk aslinya atau semula.

Penampakan otot lengan pada manusia dan petunjuk nama otot
Sumber Google


Otot Biseps

Bisep adalah otot yang paling dekat dengan kulit. Otot bisep awalnya disebut bisep brachii. Kita sendiri juga akan mudah dilihat. Binaragawan sering menunjukkan bisep mereka dalam kompetisi. Jika Anda melakukan latihan beban secara rutin dan intensif, otot ini bisa berkembang.

Dalam sistem gerak manusia, peran bisep adalah yang terpenting. Otot bisep dapat terlihat dari luar, sehingga mudah dikenali.

Ciri - ciri Otot Biseps

Berikut ini adalah beberapa ciri bisep, yaitu:
  • Otot bisa dilihat dengan mata telanjang atau langsung.
  • Otot bisep memiliki dua kepala atau caput. Keduanya berada di wilayah berbeda.
  • Saat lengan ditekuk ke dalam,  otot bisep akan terlihat di daerah lengan atas.
Contoh posisi otot biseps yang dapat kalian temui yaitu pada bagian tangan dari ujung telapak tangan hingga pangkal tangan. Kalian dapat melihatnya entah ketika diluruskan maupun ditekuk.

Cara Kerja Otot Biseps

Apakah kalian tahu binaragawan? Mengapa saya sering melihat mereka menekuk tangan? Inilah salah satu cara kerja otot bisep. Bisep akan meningkat di bagian atas lengan.

Ini karena kontraksi dan menyebabkan otot memendek. Jika lengan lurus, bisep akan mengendur dan memanjang dan terelaksasi.

Cara kerja otot ini menjadi jenis otot yang berlawanan. Ini karena bisep selalu diiringi oleh trisep. Kedua otot selalu bekerja dengan cara yang berlawanan. Saat otot bisep berkontraksi, trisep akan mengendur, begitu pula sebaliknya.

Cara Melatih Otot Biseps

Agar tetap bagus dan kuat, kalian bisa melakukan berbagai latihan olahraga pada bisep. Contohnya adalah sebagai berikut:

1. Total Interved Row

Total Interved Row merupakan olahraga yang menggunakan besi melintang horizontal pada penerapannya. Kemudian, gunakan untuk menggantung badan. Dalam posisi ini, Anda juga bisa menggunakan handuk atau kain tebal sebagai pegangan.
Gantungkan saja dua potong kain atau handuk pada pegangan besi horizontal. Pegang kedua handuk dengan tangan kanan dan kiri kalian. 

Luruskan tangan Anda, lalu tarik handuk menjadi satu. Lakukan ini sampai Anda menekuk tangan dan mengangkat tubuh sehingga hanya bergantung pada handuk.

2. Close-Grip Chin Up

Close-Grip Chin Up merupakan latihan yang sebenarnya dilakukan dengan cara digantung pada batang besi horizontal yang telah disiapkan sebelumnya. Ini mirip dengan "Total Interved Row", tetapi hanya dengan tangan kosong.

Usahakan untuk mempertahankan tangan kiri dan kanan Anda sekitar 15 cm. Lakukan gerakantersebut dengan menggantungkan diri dan posisi tangan lurus. Arahkan pandangan kedepan dan kepala tetap lurus.

Kemudian tarik tangan hingga dagu terangkat dan posisinya lebih tinggi dari batang besi yang digunakan untuk menggantungnya. Kemudian luruskan lengan Anda dan kembali ke posisi pertama.
2 laki laki melatih otot menggunakan dumbell di gym
Image by Freepik


Otot Triseps

Berbeda dengan bisep, trisep biasanya lebih sulit ditemukan. Trisep (atau trisep brachii) memiliki kepala berujung tiga yang besar.

Nama lain untuk itu adalah trisep brachii atau trisep, yang artinya tiga kali lipat. Ini karena ketiga cakar berada di tiga tempat yang berbeda. Ada beberapa jenis kepala trisep yaitu kepala panjang, kepala medial dan kepala lateral.

Trisep adalah lengan yang menahan beban yang meregangkan sendi bahu dan siku. Namun, berbeda dengan tipe long cap, yang memungkinkan adduksi atau gerakan lebih dekat ke sendi bahu.

Cara Kerja Otot Trisep

Saat menekuk lengan, otot trisep berada di bagian bawah. Trisep memiliki cara yang panjang untuk rileks. Saat kita meluruskan lengan, trisep akan membesar atau lebih pendek dan berkontraksi.

Sama seperti otot bisep, trisep juga termasuk dalam otot antagonis. Otot ini selalu berdekatan dengan bisep, dan ketika bisep mengendur, trisep berkontraksi. dan sebaliknya. Contoh trisep adalah dari telapak tangan hingga ke bawah lengan.

Ciri - ciri Otot Triseps

Berikut ini adalah beberapa ciri dari trisep, yaitu:
  • Tiga kepala di kepala trisep. Ketika kepala Führer berada di tiga posisi berbeda.
  • Trisep berada di posisi bawah dan muncul saat lengan ditekuk.
  • Trisep juga memiliki aktivitas yang berlawanan dengan bisep.
  • Saat trisep berkontraksi, bisep mengendur, begitu pula sebaliknya.

Cara Melatih Otot Triseps

1. Tricep Pushdown

Push-up trisep dapat dilakukan di gym. Anda hanya perlu menggunakan mesin kabel. Pengguna hanya perlu berdiri tegak di dalam mesin lalu memegang katrolnya.

Pegang katrol dan tarik perlahan dari atas ke bawah hingga menyentuh paha Anda. Saat menggerakkan katrol ke bawah, pertahankan siku Anda di kedua sisi.

2. Tricep Dips

Lalu ada Tricep Dips mobile. Alat yang digunakan untuk latihan sangat sederhana, hanya ada kursi. Cara perendaman trisep adalah dengan duduk di kursi yang kokoh tadi. Letakkan tangan Anda di pinggang dan luruskan kaki Anda.

Tekuk siku secara perlahan hingga 90 derajat dan turunkan tubuh secara perlahan ke lantai. Lalu dorong tubuh ke atas dengan mendorong lengan. Ini digunakan untuk mengangkat tubuh ke posisi semula.

Demikianlah penejelasant tentann Pengertian Otot Biseps dan Triseps Ciri - Ciri Serta Cara Kerjanya,  semoga artikel di atas bermanfaat.