Pengertian Lapisan Atmosfer, Manfaat, dan Fungsinya Lengkap

Pengertian Lapisan Atmosfer, Manfaat, dan Fungsinya Lengkap - Atmosfer adalah selimut udara yang menutupi banyak planet termasuk Bumi. Atmosfer berada di luar angkasa, di lapisan terluar bumi

Atmosfer adalah lapisan gas yang terdiri dari ribuan lapisan, terdiri dari beberapa lapisan, yang melindungi bumi dari radiasi dan puing meteor.

Ketebalan atmosfer adalah 1.000 kilometer dari permukaan bumi. Isinya meliputi beberapa gas yaitu 78% nitrogen, 21% oksigen, 0,9% argon, dan 0,03% karbondioksida.

Sisanya adalah uap air, k, neon, xenon, hidrogen, kalium dan ozon 0,7%.

Oleh karena itu, pada kali ini admin tambangilmu akan membagikan tentang Pengertian Lapisan Atmosfer, Manfaat, dan Fungsinya Lengkap yang bisa kalian pahami.

Tampilan bumi dari luar angkasa dengan bintang bintang yang bersinar
Image by tawatchai07 on Freepik


Manfaat dan Fungsi Atmosfer

Atmosfer memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Lindungi bumi dari radiasi ultraviolet dan lapisan ozon. Sinar ultraviolet sangat berbahaya bagi kehidupan di bumi.

  • Melindungi bumi dari benda-benda angkasa yang jatuh akibat gaya gravitasi bumi.

  • Atmosfer juga merupakan media cuaca, yang dapat mempengaruhi curah hujan, badai, topan, angin, salju, awan, dll.

  • Mengandung berbagai gas yang dibutuhkan untuk pernapasan manusia, tumbuhan dan hewan serta kebutuhan lainnya.
Fungsi atmosfir adalah mengatur proses dimana matahari menyerap panas. Atmosfer menyerap dan memantulkan panas matahari.

Sekitar 34% panas matahari dipantulkan kembali ke angkasa oleh atmosfer, awan, dan permukaan bumi.

Sekitar 19% gas diserap oleh atmosfer dan awan, dan 47% sisanya mencapai permukaan bumi. ketinggian 50 kilometer dengan tebal 35 kilometer.


Berbeda dengan troposfer, udara di stratosfer bawah lebih dingin dan ke atas semakin panas.

Stratosfer tidak berawan, sehingga lapisan ini kering dan tidak mudah menguap. Jadi pesawat memilih terbang di lantai ini.

  • Mesofer
Dinamakan Meso karena posisi tengahnya. Ketebalannya 35 kilometer, dan ketinggiannya 50-85 kilometer.
  • Thermosfer
Suhu di lapisan ini bisa mencapai 1.500 derajat Celcius. Namun jika mencapai lantai ini akan terasa sangat dingin. Ini karena tidak ada molekul gas yang menghantarkan panas ke tubuh kita.

Lingkaran panas menjadi atmosfer yang kental, ketebalan maksimalnya mencapai 513 kilometer. Satelit milik berbagai negara dan perusahaan diparkir di sini.
  • Ionosfer
Ionosfer adalah lapisan yang unik karena posisinya yang bertumpuk di tengah, lapisan termal, dan lapisan luar. Lapisan ini bergerak dan bergerak sesuai dengan energi yang diserap matahari.

Namanya berasal dari ion, yaitu senyawa yang mengandung listrik. Gas yang terpapar radiasi matahari di lapisan ini menghasilkan ion.
  • Eksosfer
Eksosfer merupakan lapisan yang paling tebal dan terletak di lapisan paling luar. Lapisan luar atmosfer tidak memiliki batas yang jelas, akan tetapi NASA menggunakan hingga batas 10.000 kilometer.

Eksosfer hanya menyimpan gas seperti hidrogen dan helium. Namun, gas tersebut tersebar.

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian Lapisan Atmosfer, Manfaat, dan Fungsinya Lengkap semoga artikel di atas bermnafaat