Pengertian Sel Tumbuhan, Fungsi Beserta Strukturnya Lengkap

Pengertian Sel Tumbuhan, Fungsi Beserta Strukturnya Lengkap - Sel eukariotik adalah sel yang memiliki inti (nukleus) di dalamnya. Meski keduanya sama-sama  tergolong sel eukariotik, ada perbedaan yang signifikan antara sel tumbuhan dan sel hewan. Pada sel tumbuhan memiliki dinding sel yang melingkupi sel-sel tersebut.

Selain itu, sel tumbuhan juga memiliki beberapa organel atau komponen yang berbeda dengan sel hewan. Salah satu organel berbeda yang dimiliki oleh sel tumbuhan adalah kloroplas. Kloroplas pada tumbuhan merupakan peran penting dalam fotosintesis.
berbagai jenis tanaman di atas meja dan di dalam pot keramik putih
Image by rawpixel.com on Freepik

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini ilmusekitar.com akan mebagikan tentang Pengertian Sel Tumbuhan, Fungsi Beserta Strukturnya Lengkap yang bisa kalian pahami.

Struktur Sel Tumbuhan

Seperti yang kita ketahui bersama, sel tumbuhan terdiri dari beberapa bagian yang disebut organel. Organel-organel ini memiliki perannya masing-masing dalam mengatur kehidupan sel.

Berikut adalah beberapa contoh organel yang berada pada sel tumbuhan.

Nukleus

Setiap sel tumbuhan pasti memiliki inti yang disebut dengan nukleus. Di dalam nukleus terdapat materi genetik atau kromosom dengan ciri-ciri tumbuhan itu sendiri.

Nukleus berperan penting dalam sel tumbuhan, yang dimana dapat mengatur proses pertumbuhan metabolisme seperti pembelahan sel, pertumbuhan sel dan sintesis protein. Terdapat Inti dari nukleus yang disebut dengan nukleoplasma.


Kloropas (Plastida)

Pada sel tumbuhan terdapat organel yang membawa pigmen pada tumbuhan yang disebut kloroplas.

Di dalam kloroplas, terdapat kandungan pigmen klorofil hijau yang dapat memberikan warna hijau pada tumbuhan.

Selain itu, kloroplas juga berperan penting, yang dimana kloroplas akan berfotosintesis dengan bantuan sinar cahaya matahari.


Ribososm

Pada sel tumbuhan terdapat organel yang membawa pigmen pada tumbuhan yang disebut kloroplas.

Di dalam kloroplas, terdapat kandungan pigmen klorofil hijau yang dapat memberikan warna hijau pada tumbuhan.

Selain itu, kloroplas juga berperan penting, yang dimana kloroplas akan berfotosintesis dengan bantuan sinar cahaya matahari.

Bagian-bagian sel tumbuhan
Sumber Google


Mitokondia

Pada sel tumbuhan juga terdapat organel dengan bentuk bulat memanjang yang disebut mitokondria. Organel ini dapat bermanfaat untuk memecah sumber energi dari karbohidrat kompleks dan gula.

Terdapat enzim tertentu dalam mitokondria yang dapat memberikan energi untuk sel tumbuhan. Selain itu, respirasi sel tumbuhan terjadi di mitokondria untuk membentuk ATP.


Badan Golgi

Badan Golgi adalah organel yang terdiri dari kumpulan vesikula pipih, yang memiliki bentuk melengkung. Selain itu, badan Golgi juga sering disebut sebagai diktiosom.

Badan golgi juga berperan dalam menghilangkan zat kimia yang berada di dalam maupun di luar sel.

Zat-zat ini dikeluarkan setelah sintesis protein dan lemak diangkut oleh retikulum endoplasma.


Retikulum Endoplasma

Di dekat nukleus juga terdapat sebuah organel yang menghubungkan nukleus dengan sitoplasma sel tumbuhan.

Organel ini merupakan retikulum endoplasma. Retikulum endoplasma (ER) ada dua jenis, yaitu Retikulum Endoplasma kasar dan Retikulum Endoplasma halus.

Pada dasarnya organel retikulum endoplasma berperan untuk mengangkut sintesis lemak dan steroid serta penyimpanan fosfolipid, steroid dan glikolipid.

Selain itu, retikulum endoplasma juga dapat melakukan mendetoksifikasi drug dan racun yang ada di dalam sel.


Vakuola

Terdapat sebuah organel yang lebih besar dari organel lain yang disebut dengan vakuola. Umumnya, terdapat banyak vakuola dapat ditemukan di sel tumbuhan.

Vakuola juga memiliki peran dalam penyimpanan serta membantu tekanan turgor dari sel tumbuhan. Selain itu, sistem ekskresi juga dilakukan oleh pencernaan intraseluler berupa vakuola dan molekul kompleks.


Peroksisom

Peroksisom adalah sebuah organel berada pada sel tumbuhan, berbentuk seperti bola kecil. Pada dasarnya, peroksisom berperan besar dalam pemecahan asam lemak menjadi gula.

Selain itu, peroksisom juga dapat membantu kloroplas dalam melakukan fotorespirasi. Di dalam peroksisom mengandung enzim oksidatif khusus.

Enzim inilah yang digunakan untuk memecah asam lemak menjadi gula sederhana dalam metabolisme.

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian Sel Tumbuhan, Fungsi Beserta Strukturnya Lengkap semoga artikel di atas bermanfaat.